PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM

Studi pada SMP Islam Terpadu La Royba Walantaka - Kota Serang

Authors

  • Ai Judiyyah Fahmi Institut Agama Islam Banten (IAIB) Serang

Keywords:

Motivasi, Orang Tua, Minat Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui bagaimana motivasi orang tua terhadap minat minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 2) Untuk mengetahui bagaimana minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 3) Untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh motivasi orang tua terhadap minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penilitian ini menggunakan metode deskriptif analisis, penulis lakukan di SMPIT La Royba Walantaka dengan jumlah 40 orang sebagai responden. Adapun tehnik pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, angket, studi pustaka dan dokumentasi.

Hasil penelitian menyimpulkan bahwa: pengaruh motivasi orang tua termasuk ketegori baik, hal ini terbukti dengan nilai mean: 55,3, median: 55,1, modus: 56,3, standar deviasi 6,35, X2 hitung: 4,615, X2  tabel:  9,488, dimana X2 hitung lebih kecil dari X2 tabel, dengan demikian sampel berdistribusi normal, artinya (variabel X) dalam kategori baik. Sedangkan minat belajar siswa menunjukan adanya hasil yang baik hal ini terbukti dengan hasil mean: 60,81. Median: 60,9. Modus: 59,83 standar deviasi: 5,99X2 hitung: 4,3609 X2 tabel: 9,48 diamana X2 hitung lebih kecil dari X2 tabel. Dengan demikian sampel beridistribusi normal, artinya (variabel Y) dalam ketegori baik baik. Sedangkan pengaruh motivasi orang tua (variabel X dengan variabel Y) menunjukan bahwa antara indexs koefisien korelasi (rx: 0,50) dimana angka r (nilai 0,50) berada antara (0,40-0,70), interpretasinya ialah antara variabel X dengan variabel Y terdapat korelasi yang cukup sedang.

Downloads

Published

2022-08-13

How to Cite

Judiyyah Fahmi, A. (2022). PENGARUH MOTIVASI ORANG TUA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM : Studi pada SMP Islam Terpadu La Royba Walantaka - Kota Serang. PENAIS (Jurnal Pendidikan Agama Islam), 1(1), 76-106. Retrieved from https://jurnal.amalinsani.org/index.php/penais/article/view/60