Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah

Authors

  • Poy Saefullah Zevender STKIP Pangeran Dharma Kusuma Segeran Juntinyuat Indramayu
  • Fitriyah Fitriyah STKIP Pangeran Dharma Kusuma Indramayu
  • Edutivia Mardetini Universitas Sriwijaya
  • Deni Adriani Universitas Negeri Medan
  • Lazuardi Imani Hakam Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i2.127

Keywords:

Problem Based Learning, Motivasi Belajar, Kemampuan Pemecahan Masalah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah pada variabel moderator motivasi belajar di kelas XI-IPS SMA NU Widasari melalui model pembelajaran berbasis masalah. Penelitian ini menggunakan pendekatan eksperimen dengan desain penelitian faktorial. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas XI-IPS 1 dan siswa kelas XI-IPS 2. Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis untuk mengukur kemampuan pemecahan masalah siswa dan angket untuk mengukur motivasi belajar siswa, dilanjutkan dengan uji-t analisis (menganalisis varian dua arah). Hasil dari penelitian ini adalah model pembelajaran berbasis masalah mampu meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji-t (Test of Between-Subjects Effects) model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) serta motivasi belajar menunjukkan nilai F sebesar 0,962 dan signifikasi 0,492>0,05. Dari sini dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran berbasis masalah lebih cocok untuk meningkatkan motivasi belajar dan meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa daripada menggunakan metode ceramah atau tradisional.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Amir, M. T. (2016). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Jakarta: Prenada Media.

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka cipta.

Nissa, I. C. (2015). Pemecahan Masalah Matematika (Teori dan Contoh Praktek). Lombok: Duta Pustaka Ilmu.

Rohmawati, L., & Zevender, P. S. (2022). Pengaruh Metode Pembelajaran Discovery Learning terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(1), 1–13.

Sardiman, A. M. (2018). Inovasi Pendidikan melalui Problem Based Learning. Depok: Prenamedia Group.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zevender, P. S. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Active Learning Tipe Quiz Team terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar Peserta Didik. Sinau: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Humaniora, 5(1), 17–29.

Downloads

Published

2023-05-31

How to Cite

Zevender, P. S., Fitriyah, F., Mardetini, E., Adriani, D., & Hakam, L. I. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dengan Variabel Moderator Motivasi Belajar untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. AMAL INSANI (Indonesian Multidiscipline of Social Journal), 3(2), 62–70. https://doi.org/10.56721/amalinsani.v3i2.127

Issue

Section

Articles