PENGARUH IMPLEMENTASI KEGIATAN UNIT PENGEMBANGAN TILAWATIL QUR’AN TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN

Studi Di UKM UPTQ IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Authors

  • Muhammad Yasin Ibnu Syahrowardi Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin Banten

Keywords:

Pengembangan LPTQ, Minat Baca, Mahasiswa, Al Qur’an

Abstract

Tujuan penelitian adalah; pertama, Untuk mengetahui implementasi kegiatan UPTQ IAIN “SMH” Banten; kedua, Untuk mengetahui minat mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an; dan ketiga, Untuk mengetahui pengaruh implementasi kegiatan UPTQ terhadap minat mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an. Metode yang digunakan dalam penelitian skripsi ini adalah metode deskriptif analisis, yaitu suatu metode yang ingin mengetahui keadaannya sekarang dalam kondisi alamiah, tanpa mengontrol faktor-faktor yang mempengaruhinya. Sedangkan data penelitian diperoleh melalui penelitian kepustakaan (library Research) dan penelitian lapangan (Field Research). Adapun penelitian kepustakaan dilakukan dengan menelaah, mengkaji dan mempelajari berbagai literatur (referensi) yang erat kaitannya dengan masalah yang diteliti. Sedangkan penelitian lapangan, penulis lakukan dengan terjun langsung ke Unit Kegiatan Mahasiswa UPTQ dengan melakukan observasi dan menyebarkan angket kepada responden yaitu 28 anggota UPTQ sebagai sampelnya.

Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: pertama, Keberadaan UPTQ IAIN “SMH” Banten dilingkungan kampus dapat terlihat dari dari hasil analisis bahwa x hitung = 11,3 ˂ 12,592 x2 tabel, itu artinya  x2 tabel  12,592 lebih besar daripada x2 hitung  9,53,   maka Hipotesis nol diterima. Hipotesis ini menerangkan bahwa implementasi kegiatan UPTQ di lingkungan kampus IAIN “SMH” Banten masih dalam taraf normal; kedua, Minat mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an. Hal ini dapat terlihat dari hasil penelitian diketahui bahwa x2 hitung = 6,67 ˂ 12,592 x2 tabel,, karena x2 hitung  6,67 lebih kecil daripada 12,592 x2 tabel maka Ho diterima; dan ketiga, Pengaruh UPTQ terhadap Minat mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an diperoleh pengaruh 0,22 dengan r tabel menggunakan taraf kesalahan 0,05% adalah 0,26 karena r hitung  = 0,22 lebih kecil dari r tabel 0,26 maka Ho diterima. Hipotesis ini menerangkan bahwa terdapat pengaruh yang lemah antara implementasi kegiatan UPTQ terhadap minat mahasiswa dalam membaca Al-Qur’an.

Downloads

Published

2022-08-11

How to Cite

Ibnu Syahrowardi, M. Y. (2022). PENGARUH IMPLEMENTASI KEGIATAN UNIT PENGEMBANGAN TILAWATIL QUR’AN TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM MEMBACA AL-QUR’AN : Studi Di UKM UPTQ IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten. PENAIS (Jurnal Pendidikan Agama Islam), 1(1), 49-75. Retrieved from http://jurnal.amalinsani.org/index.php/penais/article/view/58